Sabtu, 20-04-2024
  • TBM Sabilul Huda: Inspirasi, Motivasi, Partisipasi dan Mengabdi

Ramadhan Semakin Bermakna di TBM Sabilul Huda Ciamis

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kegiatan

TBM Sabilul Huda – Senandung membaca Al-Qur’an dan juga perlombaan mewarnai serta membaca nyaring di NGABARAN ke-3 di Taman Baca Masyarakat (TBM) Sabilul Huda, Ahad (31/3/2024). Acara tahunan di bulan Ramadhan ini sukses menarik minat anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan agama dan keterampilan mereka.

Pagi itu, suara merdu lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an menggema di TBM Sabilul Huda. Atong, 7 tahun, dan Sabiq, 9 tahun, tampak khusyuk mengikuti bimbingan membaca yang dipandu oleh pegiat Lina dengan sabar.

“Saya senang bisa belajar membaca Al-Qur’an di sini setiap tahun. Ibu Gita dan Nurul sangat telaten mengajari kami,” ujar Atong, memamerkan senyum lebarnya.

Sabiq pun mengangguk antusias, “Iya, Bu Gita juga sering mengingatkan kami untuk memperhatikan tajwid dan intonasi supaya lancar membacanya.”

Seusai membaca Al-Qur’an, agenda dilanjutkan dengan sesi perlombaan, TBM Sabilul Huda mengadakan Lomba Mewarnai untuk anak TK/PAUD dan Lomba Membaca Nyaring untuk anak SD/MI. AtongĀ  pun berbinar menatap gambar yang akan ia warnai sesuai dengan imajinasinya.

“Wah, mewarnai gambarnya pasti seru nih! Aku mau pakai krayon warna-warni yang cerah,” seru Atong dengan antusias menggebu.

Sementara itu, para peserta Lomba Membaca Nyaring tampak percaya diri membacakan teks masing-masing di depan juri. Sabiq mengakui merasa sedikit grogi ketika diminta membaca, namun berhasil menguasai rasa gugupnya.

“Aku sedikit gugup tadi. Tapi Ibu Gita bilang, aku harus percaya pada kemampuan sendiri. Jadi akupun berusaha membaca dengan lantang dan jelas,” tutur Sabiq.

Gita Robia Awaliah sendiri begitu bangga melihat perkembangan anak-anak didiknya dari tahun ke tahun. “Tahun ini kami melihat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dan kepercayaan diri anak-anak yang sangat membanggakan.”

“Kegiatan NGABARAN tidak hanya mengasah kecerdasan dan bakat, tetapi juga membentuk karakter dan akhlak mulia mereka sesuai ajaran Islam,” imbuhnya.

Melalui rangkaian aktivitas sarat nilai agama dan edukasi, TBM Sabilul Huda berkomitmen untuk senantiasa menjadi wadah pengembangan minat dan bakat serta pembentukan karakter mulia bagi anak-anak di lingkungan sekitar.