Kamis, 22-02-2024
  • TBM Sabilul Huda: Inspirasi, Motivasi, Partisipasi dan Mengabdi

Sejarah

Sejarah Perpustakaan Masjid DKM I Sabilul Huda: Membangun Ilmu dan Kebudayaan di Sukamaju

Pada tahun 2012, sebuah tonggak bersejarah terjadi di masjid DKM I Sabilul Huda yang terletak di Sukamaju, Cileungsir Rancah Ciamis. Pada tahun tersebut, perpustakaan masjid ini didirikan dengan menggunakan ruangan yang sebelumnya telah menjadi bagian integral dari masjid. Dengan izin dan dukungan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Pendirian Perpustakaan DKM I Sabilul Huda nomor 02/SK/DKM/I/2012, perpustakaan ini diresmikan untuk melayani masyarakat dalam hal pendidikan, pengetahuan, dan kebudayaan.

Pendiri dan Pengelolaan Perpustakaan

Perpustakaan ini berawal dari visi dua individu yang peduli terhadap pendidikan dan peningkatan pengetahuan masyarakat. Pendirinya adalah Zezen Zaini Nurdin dan Gita Robia Awaliah. Dengan semangat dan tekad yang kuat, mereka memulai perjalanan membangun perpustakaan ini dengan harapan dapat memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengakses literatur dan informasi yang bermanfaat.

Pengakuan dan Pengukuhan

Pada tahun 2017, upaya dan dedikasi untuk memajukan perpustakaan ini membuahkan hasil yang lebih besar. Perpustakaan masjid DKM I Sabilul Huda mendapatkan pengakuan yang lebih resmi melalui Surat Keputusan Kepala Desa Cileungsir nomor 147.12/Kpts-07/Des/2017. Dalam surat keputusan ini, perpustakaan tersebut resmi diberi nama TBM Sabilul Huda, yang menandakan transformasinya menjadi Taman Bacaan Masyarakat yang lebih terstruktur.

Bergabung dengan Yayasan Fimadina Ciamis

Pada tahun yang sama, TBM Sabilul Huda memutuskan untuk bergabung di bawah naungan yayasan yang lebih besar, yakni Yayasan Fimadina Ciamis. Keputusan ini memberikan lebih banyak dukungan, sumber daya, dan jaringan yang dapat membantu perpustakaan dalam mengembangkan diri. Pengukuhan resmi ini diakui dalam Surat Keputusan Yayasan Fimadina Ciamis nomor 006/YFC/01/2018.

Pengakuan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis

Langkah berikutnya dalam perjalanan prestasi perpustakaan ini adalah pengakuan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis. Dalam rangka meningkatkan standar dan kualitas pelayanan perpustakaan, TBM Sabilul Huda berhasil meraih Surat Keterangan Terdaftar dengan nomor register 041/169/DPK.2/209. Pengakuan ini menegaskan komitmen perpustakaan dalam memberikan layanan yang bermutu dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Misi Pendidikan dan Pengetahuan

Sejak awal pendiriannya hingga pengakuan resmi dan pengukuhan dalam yayasan, TBM Sabilul Huda telah menjalankan misi yang kuat dalam memajukan pendidikan dan pengetahuan di tengah masyarakat. Dengan menyediakan akses ke berbagai koleksi buku, majalah, dan materi bacaan lainnya, perpustakaan ini telah menjadi sumber pembelajaran yang berharga bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa di Sukamaju dan sekitarnya.

Kesimpulan

Perpustakaan masjid DKM I Sabilul Huda dan kini bernama TBM Sabilul Huda adalah contoh nyata bagaimana komitmen dan semangat untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan dapat mengubah suatu komunitas. Dengan didukung oleh para pendiri, dukungan pemerintah desa, serta integrasi dengan yayasan yang lebih besar, perpustakaan ini telah berhasil memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakatnya. Dengan terus mengembangkan koleksi, program, dan layanannya, TBM Sabilul Huda diharapkan akan terus menjadi pusat pembelajaran yang inspiratif dan bermanfaat bagi generasi saat ini dan mendatang.