Kamis, 22-02-2024
  • TBM Sabilul Huda: Inspirasi, Motivasi, Partisipasi dan Mengabdi

Ahad Ceria di TBM Sabilul Huda: Membuka Pintu Kebahagiaan Melalui Literasi dan Pembelajaran Kreatif

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kegiatan

TBM Sabilul Huda- Ahad, tanggal 10 September 2023, TBM Sabilul Huda kembali menyelenggarakan kegiatan rutin mingguan bertajuk Ahad Ceria (Membaca, Bercerita, dan Bahagia). Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta yang antusias. Turut hadir dalam acara ini adalah tutor dan relawan yang peduli terhadap dunia literasi, yaitu Nurul Khotimah, Devi Juniar Rahayu, dan Lina.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 dengan pembacaan doa bersama untuk memberkati jalannya acara. Selanjutnya, peserta dibiasakan untuk membaca selama 15 menit sebagai bentuk awal dari rutinitas literasi. Tak hanya itu, mereka juga mendapat kesempatan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Rancah, Ina Annur, S.Pd.I. Materi kursus ini disajikan dengan cara yang menyenangkan sehingga anak-anak semakin tertarik untuk memahami bahasa asing tersebut.

Setelah sesi bahasa Inggris, kegiatan berlanjut dengan permainan edukasi dan literasi di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para peserta. Sebagian dari mereka juga memilih untuk belajar kaligrafi Arab, memperkaya pemahaman mereka terhadap kebudayaan Islam. Semangat dan kegembiraan tampak memenuhi wajah-wajah para anak-anak, menandakan bahwa mereka begitu menikmati setiap momen dalam Ahad Ceria ini.

Para tutor yang hadir juga turut berperan aktif dalam memastikan acara berjalan lancar dan bermanfaat bagi peserta. Mereka memberikan bimbingan dengan penuh kesabaran dan kepedulian, menjadikan setiap momen pembelajaran berharga. Dalam suasana yang penuh semangat dan keceriaan, anak-anak merasa nyaman untuk berbagi pengetahuan dan bertanya tentang berbagai hal yang menarik minat mereka.

Acara Ahad Ceria di TBM Sabilul Huda bukan hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga merupakan wadah bagi anak-anak untuk belajar, bercerita, dan merasakan kebahagiaan dalam proses belajar. Melalui berbagai kegiatan seperti membaca, kursus bahasa Inggris, dan permainan edukasi, para peserta dapat mengembangkan potensi mereka secara menyenangkan. Dengan adanya tutor dan relawan yang peduli, anak-anak mendapatkan dukungan penuh untuk mengeksplorasi dunia literasi dengan lebih baik.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi contoh yang baik bagi komunitas sekitar tentang pentingnya memberikan pendidikan informal yang bermutu. Ahad Ceria di TBM Sabilul Huda menjadi inspirasi bagi orang tua dan pendidik untuk terus mendukung dan mendorong minat baca serta pembelajaran kreatif di kalangan anak-anak. Dengan demikian, akan tercipta generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing tinggi di masa depan.