Seperti biasa di semua Kelas, kegiatan dimulai dengan membaca do’a bersama, dilanjutkan dengan membacakan surat-surat pendek pilihan.

Ahad Ceria di Kelas Capétang kali ini dimulai dengan perkenalan, masing-masing anak belajar berinteraksi, belajar berbicara mengutarakan tentang dirinya masing-masing, tentunya belajar ke”wantér’an sejak dini.

Kemudian anak-anak belajar menulis nama masing-masing, menulis huruf abjad yang 26 serta membacakan huruf abjad yang telah ditulisnya, lalu menghitung berapa jumlahnya. Ditengah-tengah kegiatan Kami sepintas mencoba menyanyikan lagu pagiku cerahku, naik-naik ke puncak gunung dan bintang kecil, Kami melakukannya dengan penuh semangat dan ceria bersama-sama beriringan dengan anak-anak.

Di sudut lain di Kelas Calakan Kami memulai kegiatan dengan perkenalan nama, beserta hobi anak-anak, hal ini dilakukan agar lebih mengenal kembali satu sama lain. Setelah itu Kami membahas mengenai tentang arah mata angin dengan menggunakan lagu supaya anak-anak lebih mudah menghapal dan agar tidak membosankan. Dilanjutkan dengan bermain ludo dan yang lainnya bermain ABC 5 dasar; untuk anak-anak yang tidak dapat menjawab, kami memberikan pertanyaan berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Seru! Di Kelas Binékas, Kami memulai kegiatan dengan berinteraksi saling tanya jawab, kebetulan juga sekarang anak-anak sedang libur bersekolah (formal).

Kami mencoba menanyakan bagaimana aktifitas yang dilakukan oleh anak-anak, hal apa yang dilakukan ketika sedang berlibur sekolah (formal). Ternyata ada beberapa anak yang tahun ini akan masuk ke jenjang Sekolah Menengah Pertama, lalu Kami mencoba memberikan sedikit pemahaman tentang apa dan bagaimana yang harus dipersiapkan. Celetuklah anak-anak ada yang berkata: “ah, masuk sekolah nanti pelajarannya makin banyak, pusing!’ Wah, belum apa-apa anak-anak sudah berkata seperti itu, sudah terbebani pikiran seperti itu. Hehehe. Betapa sesulit itukah pelajaran-pelajaran yang dipikirkan oleh anak-anak? Ah yang pada intinya bahwa anak-anak harus tetap semangat, berusaha dan giat lagi dalam melakukan aktifitas apapun, semoga! Kegiatanpun selesai, ditutup dengan berdoa bersama, foto bersama lalu pulang ke rumah masing-masing, tak lupa saling berpamitan satu sama lain.

Salam Rancagé Ditulis oleh: Ai Badriatul Munawaroh, Lina Nurlaila