Ahad, 05 Juni 2022.
Ahad Ceria kali ini jadwalnya pengklasifikasian buku-buku bacaan yang ada di Saung, maka para Pegiat bersepakat untuk menggabungkan semua Kelas, dan seperti biasa Kami mengawali kegiatan dengan pembiasaan-pembiasaan seperti di minggu-minggu sebelumnya.

Dilanjutkan dengan mengajak dan mengarahkan anak-anak untuk mengambil buku di rak. Karena buku-buku cukup banyak, Kami pun memulai mengklasifikasikan bukunya hanya yang di rak pertama saja, ini bertujuan untuk memilih dan memilah macam dan jenis kategori buku; mana buku tentang pengetahuan umum, buku tentang pendidikan, buku pendidikan Islam, buku novel, buku cerita, dan lain-lain.

Dengan begitu anak-anak dapat mengetahui macam dan jenis buku sesuai kategorinya dan secara tidak langsung pengklasifikasian tersebut membuat anak-anak dapat mengetahui, membedakan serta mengelompokkan buku, termasuk ke kategori apakah buku tersebut. Semua buku dipilih dan dipilah, kemudian Kami dan anak-anak juga langsung menyimpan dan membereskannya kembali dengan rapih ke dalam rak yang tersedia sesuai kategorinya. Ah sungguh asik memang kalau bergotong royong dan bekerjasama, dimana Kami dan anak-anak berbaur tanpa adanya sekat, tanpa adanya batasan-batasan tertentu.

Setelah selesai merapikan buku, Kami bersama anak-anak melakukan tanya jawab seputar pengetahuan tentang materi pembelajaran di sekolah formalnya. Karena berdasarkan informasi besok anak-anak akan melaksanakan penilaian akhir tahun, penilaian dimana bahwa “nilai angka’ itu sangat menentukan prestasi si anak (prestasi kok mengalahkan oranglain, kok saling salip menyalip hehe), bukan menentukan samaksimal dan sejauh mana anak-anak dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu serta pengalaman yang didapatkan disekolah formalnya. Maka kami sedikit banyaknya membahas materi pembelajaran, yaitu tentang Pendidikan Agama Islam.

Sekilas materi yang diulas adalah materi kelas 1, 2 dan 4, dimulai materi kelas 1 yaitu tentang kasih sayang terhadap semua makhluk (manusia-hewan-tumbuhan) beserta implementasinya dalam kehidupan. Materi untuk kelas 2 tentang Asmul Husna baik itu makna, jumlah dan materi yang berkaitan dengan Asmaul Husna. Kemudian yang terakhir materi untuk kelas 4 tentang Wali Songo, penyampaiannya berupa makna Wali Songo, nama-nama Wali Songo, asal Wali Songo.

Kegiatan pun kami akhiri dengan membaca do’a kifaratul Majlis bersama, dilanjutkan dengan foto bersama, serta anak-anak langsung pulang ke rumahnya masing-masing dan tak lupa saling berpamitan satu sama lain.

Salam Ranc🔺gé
Ditulis oleh: Anggi Novi Rianti Rosidin, Devi Juniar Rahayu dan Wiwin Yuningsih