Ahad, 22 Mei 2022.
Ahad kali ini adalah kali kedua kami melaksanakan Ahad Ceria. Meskipun cuaca hari ini kurang cerah, namun semangat anak-anak sangat antusias. Mereka tetap hadir dalam berkegiatan, walaupun ada beberapa anak yang tidak hadir, karena sedang mengikuti pelaksanaan kegiatan Porsadin Tingkat Kecamatan Rancah. Ya karena memang sebagian besar anak-anak yang berkegiatan disini itu dari DTA-DTA di Dusun Sukamaju. Tetapi ada juga anak-anak yang Ahad kemarin tidak hadir, sekarang hadir. Alhamdulillah.

Seperti biasa, di semua Kelas pembelajaran diawali dengan pembiasaan; membaca do’a dan membaca surat-surat pendek pilihan (Juz ‘Amma). Di Kelas Capétang anak-anak mengambil buku bergambar di rak yang sudah tersedia di Saung, diwarnailah gambarnya sesuai kreatifitas masing-masing. Terlihat anak-anak sungguh asik dan sangat berkonsentrasi sekali dalam kegiatan ini. Setelah itu, dilanjutkan dengan bermain ludo raksasa, disela-sela bermain ludo kami bertanya ada warna apa sajakah yang terdapat pada gambar ludo dan meminta anak-anak menyebutkan warnanya ke dalam Bahasa Sunda, Indonesia dan Inggris.

Di Kelas Calakan dan Binékas anak-anak menggambar dengan melihat referensi dari buku yang mereka pilih. Kami mencoba menguji kepercayaan diri dan keberanian anak-anak dengan maju ke depan dengan memperlihatkan hasil karyanya ke hadapan teman-temannya secara bergiliran. Kemudian dilanjut dengan permainan ‘Ayam-Bebek’ yang secara tidak langsung membuat konsentrasi mereka tetap fokus dalam menirukan suara ayam serta bebek. Aturannya, bagi siapa yang tidak fokus, maka maju ke depan untuk menghibur teman-teman yang lain, sangat bahagia tentunya kami melihat anak-anak bisa tertawa lepas tanpa beban. Permainan ini juga secara tidak langsung dapat melatih kepekaan terhadap situasi yang terjadi secara spontan. Berlanjut ke permainan ludo raksasa, tak lupa kami mencoba masuk kedalam percakapan anak-anak yang sedang asyik mengkoclok dadu sembari mengenalkan nama alat-alat yang digunakan dalam permainan ludo raksasa ini, seperti; mengenalkan ‘gelas’ plastik, dadu yang terbuat dari ‘kayu’ dan ‘pot’ plastik beserta apa kegunaan/ kebermanfaatannya.

Dan tak terasa waktu telah menunjukan pukul 11.00 WIB. Kegiatan Ahad kali ini-pun selesai, kami mengakhiri kegiatan dengan berfoto bersama kemudian langsung pulang ke rumah masing-masing serta tak lupa saling berpamitan satu sama lain.

Ditulis oleh: Devi Juniar Rahayu, Anggi Novi Riyanti Rosidin
#tbmsabilulhuda
#ahadceria