Ahad, 12 Juni 2022.
Seperti Ahad Ceria sebelumnya. Kegiatan awal di semua Kelas, Kami memulainya dengan pembiasaan; membaca do’a bersama, dilanjutkan dengan membacakan surat-surat pendek pilihan (Juz ‘Amma).

Tema pertemuan di Kelas Capétang kali ini adalah “Kesukaanku’, kemudian mengenalkan macam-macam nama hewan dan nama tumbuhan serta Rukun Islam. Kami memulai dengan mengajak anak-anak agar dapat menggambar makanan kesukaan mereka, sehingga mereka dapat mengetahui macam-macam makanan serta manfaatnya bagi kesehatan. Mengenalkan macam-macam nama hewan dan nama tumbuhan.

Tak lupa kami pun melakukan tanya jawab dengan mereka, dengan memberikan pertanyaan mengenai organ tubuh pada hewan; jumlah kaki hewan yang dijelaskan ada berapa, serta pakan untuk hewannya apa saja, dengan begitu anak-anak dapat mengetahui macam-macam nama hewan dan melatih pengetahuannya. Dilanjutkan dengan mengenalkan Rukun Islam, agar lebih mudah di ingat oleh anak-anak, maka Kami menerapkannya lewat nyayian agar mereka lebih semangat menghafalkannya.

Terakhir, anak-anak bermain permainan Ludo seperti biasa, dengan semangat dan tertawa riang, mereka semua saling menginginkan hasil koclokan dadu berjumlah 6.

Di Kelas Calakan kami memberikan materi tentang Tata Cara Berwudhu, dengan menggunakan tepukan tangan yang dikombinasikan dengan nyanyian dan gerakan wudhu itu sendiri, selain untuk melatih sel motorik, juga untuk memudahkan mereka menghafalnya. Lalu kami memberikan satu tepukan lagi, judulnya ‘Bisa Dicoba”. Tepukan tersebut nantinya akan kami gunakan setiap memulai hal yang baru saat pembelajaran, agar mereka lebih semangat dan tetap fokus dalam berkegiatan, asik kan! hehee.

Kemudian anak-anak mengusulkan untuk menggambar, dan kamipun mengiyakannya. Disela-sela sedang asyik menggambar, kami mencoba bertanya gambar apa yang sedang mereka buat; ada yang membuat gambar rumah, gambar pantai, gambar perahu, gambar suasana kota, dll. Karena dari gambar mereka kami menemukan beberapa gambar bangun datar, akhirnya kami melanjutkan materi tentang bangun datar; apa itu bangun datar, ciri-ciri bangun datar serta bagaimana bentuknya.

Kami pun meminta mereka mencari bangun datar dari gambar yang mereka buat (dengan mencari yang ada disekelilingnya). Dengan begitu mereka mengetahui dan bisa membedakan bangun datar yang satu dengan yang lainnya.

Dielas Binékas, kami melanjutkan “bébérés’ buku di TBM Sabilul Huda. Begitu banyak macam-macam buku yang perlu kami bereskan. Dengan penuh semangat, anak-anak Kelas Binékas mulai membereskan buku, mengklasifikasikan jenis dan judul buku. Diantaranya ada buku anak-anak, pendidikan, pengetahuan umum, keagamaan, hukum, ekonomi dan lainnya.

Alhamdulillah, kegiatan hari ini selesai. Kami pun menutup kegiatan dengan Do’a Kifaratul Majlis bersama-sama, dilanjutkan dengan foto bersama serta langsung berpamitan satu sama lain.

Salam Ranc🔺gé…
Ditulis oleh: Anggi Novi Rianti Rosidin, Devi Juniar Rahayu dan Dudi Triaji