Ahad Ceria kali ini ada yang berbeda. Dimulai dari sebagian anak-anak ada yang hadir dari luar Dusun. Seperti biasa kegiatan semua Kelas diawali dengan berdo’a bersama dan membaca surat-surat pendek (Juz ‘Amma). Setelahnya di lanjut dengan “Tepuk Semangat” dan “Tepuk Surat”. Nah tepuk surat ini fleksibel ya, bisa diganti sesuai dengan surat yang diinginkan. Ahad kali ini kita ramaikan dengan “tepuk surat Al-Fiil” dengan tujuan anak-anak hafal makna dari nama surat, jumlah ayat dan riwayat diturunkannya surat tersebut. Kemudian dilanjut dengan kegiatan pengabsenan dan disini ada sesi perkenalan bagi sebagian anak yang baru mengikuti kegiatan, agar saling mengenal dan tentunya ya untuk melatih jiwa percaya diri anak-anak berani tampil.

Kemudian anak-anak diarahkan untuk belajar membaca dan mewarnai gambar bagi Kelas Capétang, membaca buku bagi Kelas Calakan dan Binékas. Setelahnya dilanjut dengan materi sesuai dengan kelasnya masing-masing. Untuk Kelas Capétang, menggambar bebas dengan tema kemerdekaan, kebanyakan menggambar bendera merah putih, tepuk wudhu, baca niat sholat, membahas seputar sholat fardhu bersama anak-anak. Untuk Kelas Calakan dan Binékas, anak-anak belajar Bahasa Inggris terkait dengan 10 nama hewan diawali dengan pengenalan tulisan dan cara membacanya secara berulang-ulang dengan tujuan bisa hafal tanpa sengaja di hafalkan. Lalu anak-anak belajar “Introduce Myself” memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris dilanjutkan dengan evaluasi masing-masing anak.
Dilanjutkan dengan “tepuk konsentrasi” untuk semua kelas. Ketentuannya, bagi yang salah langsung keluar barisan dan duduk , dan akan diambil 3 anak terbaik yang paling konsentrasi serta mendapatkan reward.

Dilanjutkan dengan bermain ludo dan game terbaru yang baru launching di Ahad kali ini, yaitu “Ular Tangga Internet Sehat untuk Anak”, game terbaru ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak terkait medsos, agar anak-anak bisa membedakan manfaat dan mudharatnya, juga istilah-istilah asing yang sering kita temui dizaman sekarang ini. Sehingga anak-anak mampu mempergunakan medsos dengan bijak dan jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan ataupun dampak negatif yang sering kita temui baru-baru ini.
Setelah bermain game, anak-anak merapikan kembali alat-alat yang telah digunakan, kegiatanpun selesai dilanjutkan dengan berdo’a dan foto bersama.

Salam Ranc🔺gé..
Ditulis oleh: Gita Robiah Awaliyah dan Wiwin Yuningsih.