Seperti biasa kegiatan Ahad Ceria kali ini semua kelas mengawali kegiatan dengan berdo’a bersama, dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek pilihan (Juz ‘Amma). Dilanjutkan dengan kegiatan literasi; membaca, menulis dan menggambar. Metode membaca yang digunakan yaitu metode membaca nyaring.

Pertemuan kali ini di kelas Capétang belajar huruf-huruf vokal dan konsonan, dengan menuliskannya dibuku masing-masing tanpa melihat contoh (dikte). Setelah itu anak-anak mencoba memahami cara menyambungkan antara konsonan dengan vokal, secara bergantian anak-anak mencoba mempraktekannya dengan huruf yang berbeda, kemudian mencoba melatih keberanian dengan menuliskannya di papan tulis satu persatu. Setelah itu di lanjut dengan pengetahuan umum dasar, yaitu pengenalan tentang matahari; untuk memahami betapa pentingnya cahaya matahari di bumi ini. Dilanjut dengan unjuk kreatifitas membuat menara dari gelas plastik warna warni yang biasa kami pakai untuk bermain ludo raksasa.

Kegiatan di kelas Calakan Ahad kali ini adalah belajar Bahasa Inggris, tentang anggota tubuh. Disini kami belajar Bahasa Inggris dengan nyanyian agar anak-anak lebih mudah menghafal dan lebih tertarik untuk belajar Bahasa Inggrisnya, diikuti dengan gerakan-gerakan.

Di Kelas Binèkas anak-anak belajar tentang Pendidikan Agama Islam, yaitu tentang prilaku terpuji dan prilaku tercela. Anak-anak belajar tentang pengertian ahlak terpuji dan tercela beserta contoh-contohnya dan menyebutkan manfaat dan kerugian dari akhlak terpuji dan tercela. Belajar tentang akhlak supaya anak-anak bisa membedakan mana akhlak terpuji dan mana akhlak tercela. Setelah itu anak-anak belajar juga tentang sifat-sifat yang wajib dan mustahil bagi Rasul beserta artinya. Selanjutnyah dilanjutkan dengan Belajar Matematika yaitu tentang pecahan silang, perkalian dengan bilangan puluhan dan penjumlahan dengan bilangan ratusan, dengan metode soal di tulis di white board dan satu persatu menuliskan jawabannya, setelah itu melakukan tanya jawab soal dengan lisan dengan mengangkat tangan siapa yang cepat dia yang menjawab.

Dilanjutkan dengan permainan menebak angka. Cara kerjanya yaitu anak-anak dibagi kelompok terlebih dahulu kemudian satu anak menggambar angka dibelakang punggung anak yang lain. Begitu seterusnya sampai mendapatkan satu pemenang yang memiliki banyak poin. Seru!

Setelah permainan selesai ditutup dengan membaca do’a bersama dilanjutkan dengan foto bersama serta langsung pulang ke rumah masing-masing tak lupa saling berpamitan satu sama lain.

Salam Ranc🔺gé.
Ditulis oleh: Ai Badriatul Munawaroh, Nurul Khotimah dan Wiwin Yuningsih.