Alhamdulillah untuk Ahad kali ini ada beberapa anak-anak yang dari luar Dusun kami ikut berkegiatan. Dan seperti biasa, pertemuan kali ini dimulai dengan membaca do’a bersama dilanjutkan dengan membacakan surat-surat pendek pilihan.

Kegiatan Ahad Ceria kali ini dimulai dengan membaca surat Al-Fiil sembari menjelaskan pokok isi kandungannya. Dilanjutkan dengan kegiatan membaca untuk semua kelas dan anak-anakpun sangat antusias membaca buku lalu menjelaskan apa yang dipahami dari buku bacaan tersebut. Di kelas Capétang, Kami melanjutkan dengan belajar menulis, tanya jawab seputar macam-macam warna dengan 2 bahasa; Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, ini bertujuan agar apa yang telah dipelajari dan disampaikan tetap di ingat oleh anak-anak. Untuk kelas Calakan dan Binékas mereka belajar menulis seputar nama, alamat rumah, hobby, serta cita-cita. Kemudian kami mencoba mengelaborasi tulisan-tulisannya, dengan begitu anak-anak akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki pada hasil tulisannya, salah satunya yaitu dalam memberikan spasi dan penempatan huruf kapital.

Kami pun melanjutkan aktivitas dengan permainan “Haréwos Bojong” kembali, karena banyak anak-anak yang baru masuk Ahad Ceria kali ini dan mereka ingin tahu apa permainan yang namanya cukup asing ini. Tetapi permainan ini cukup mengasyikkan bagi mereka sehingga anak-anak pun semangat dan ceria. Ketika permainan ini selesai dilanjutkan dengan permainan tali diiringi dengan nyanyian. Dimulai dengan melingkar saling berpegangan tangan serta diiringi dengan nyanyian “Balonku’ dan satu persatu mereka masuk ke dalam tali, lalu berusaha memindahkan tali itu ke teman-teman lainnya. Dari sekian banyak permainan di Ahad Ceria ini, permainan tali ini pun mengasyikkan juga membuat mereka aktif dalam segi apapun. Rehat sebentar dengan peregangan, lalu anak-anak semangat ingin bermain Ludo karena mereka merasa sudah lama tak bermain Ludo. Anak-anak pun semangat bermain tertawa penuh semangat dan ceria.

Tak terasa, kegiatan pun selesai. Kegiatan ditutup dengan membaca do’a bersama dilanjutkan dengan foto bersama serta langsung berpamitan satu sama lain dan pulang ke rumah masing-masing.

Salam Ranc🔺gé..
Sukamaju-Cileungsir-Rancah..

Ditulis oleh: Devi Juniar Rahayu

Ahad, 31 Juli 2022.