Seperti biasa, kegiatan semua kelas diawali dengan berdo’a bersama dilanjutkan dengan membacakan surat-surat pendek pilihan (Juz ‘Amma). Dilanjutkan dengan memilah serta membaca buku pilihan mereka. Sambil mereka membaca buku tak lupa saling tanya jawab seputar buku apa yang mereka pilah dan isi buku tersebut ada gambar apa saja.

Pertemuan di kelas Capétang Ahad kali ini diawali dengan tema binatang, mengenalkan macam-macam hewan, anggota tubuh pada hewan serta menjelaskan pakan hewan tersebut. Dilanjutkan dengan materi penjumlahan dan pengurangan. Anak-anak sangat antusias dengan materi ini, sampai lebih dari 2 kali mereka pun meminta soal lagi. hehehe mungkin mereka menyukai materi matematika itu.

Dikelas Calakan anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok 1 dan kelompok 2. Di kelompok 1 anak-anak belajar tentang macam-macam rukun iman, setelah itu di lanjutkan dengan matematika yaitu perkalian, pengurangan dan penjumlahan. Anak-anak di berikan pertanyaan seputar penjumlahan, pengurangan dan perkalian meraka menjawabnya secara langsung dengan mengangkat tangan siapa yang cepat dia yang menjawab. Lalu anak-anak di ajarkan bagaimana cara perkalian dengan menggunakan jari jemari.

Di Kelas Binékas kali ini pun kita membahas seputar matematika. Ada penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan metode soal di tulis dan pengerjaan tercepat langsung di ucapkan secara lisan. Dilanjutkan dengan pengenalan Bahasa Arab untuk ungkapan sederhana dengan “MAHARATUL ISTIMA’ (Keterampilan Menyimak)” mendengarkan secara berulang-ulang agar dapat memahami dan menghafal kalimat perkalimat, dilanjutkan dengan “MAHARATUL KALAM (Keterampilan Berbicara)” dengan berpasangan saling tanya jawab menggunakan Bahasa Arab.

Materi pembelajaran pun selesai dilanjutkan dengan mereka berdiri berbaris. Lalu kami melakukan peregangan tangan dengan penuh semangat dan ceria. Dilanjutkan dengan permainan sedang apa, ada juga yang bermain ludo raksasa serta Ular tangga raksasa. Anak-anak antusias bermain hingga tak terasa sudah waktunya pulang.

Setelah permainan selesai ditutup dengan membaca do’a bersama dilanjutkan dengan foto bersama serta langsung pulang ke rumah masing-masing tak lupa saling berpamitan satu sama lain.
Salam Ranc🔺gé…

Ditulis oleh: Devi Juniar Rahayu, Nurul Khotimah dan Wiwin Yuningsih