TBM Sabilul Huda- Ahad Ceria kali ini seperti biasanya kami memulai kegiatan dengan membaca do’a bersama dilanjutkan dengan membacakan surat-surat pendek pilihan.

Pertemuan kali ini dimulai dengan kegiatan membaca buku yang mereka pilih sesuai dengan keinginannya. Dilanjutkan belajar menulis nama sendiri serta belajar menulis hewan-hewan yang mereka sukai sambil tanya jawab hewannya makan apa dan sering dijumpai dimana. Mereka pun antusias menjawab dengan jawaban yang sangat bervariasi sesuai dengan pertanyaannya. Kemudian kami mencoba mengevaluasi kegiatan “Ahad Ceria” kemarin yaitu tentang arah mata angin, supaya anak-anak tidak lupa dengan materi yang telah di sampaikan sebelumnya, kegiatan ini diiringi dengan nyanyian-nyanyian sederhana. Selanjutnya anak-anak melakukan kegiatan menempel-nempel gambar di dalam buku cerita. Setelah itu di lanjutkan dengan tanya jawab dengan anak-anak seputar kenaikan kelas kemarin dan pelaksanaan MPLS untuk anak-anak yang mau masuk ke jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Kami pun melanjutkan aktivitas dengan permainan “Tebak Gaya”. Anak-anak pun bertanya tanya, “permainan apakah itu?” Nah permainan tebak gaya merupakan permainan yang mengasyikkan, permainan ini dimulai dengan membagi menjadi 2 kelompok lalu berjejer, orang yang paling depan mendapatkan 1 kata, clue-nya apakah itu nama macam-macam binatang maupun nama macam-macam ekspresi dilanjutkan dengan menepuk pundak temannya sambil mengekspresikan diri tanpa mengeluarkan suara sepatah katapun, lalu oleh temannya pun disampaikan dengan seperti itu lagi dan temannya yang paling ujung menyuarakan hasil tembakannya. Permainan itu dilanjut sampai dengan menebak 4-5 macam ekspresi jika ada yang salah dengan tebakannya maka tidak mendapatkan poin. Permainan ini sangat mengasyikkan sehingga mereka tertawa bahagia. Hal ini dilakukan agar anak-anak terbiasa melakukan kekompakan dalam kegiatan.

Dilanjutkan dengan peregangan tangan agar mereka pun tidak merasakan pegal akibat berdiri yang cukup lama sekitar 20 menit, anak-anak pun semangat karena di iringi dengan nyanyian.

Tak terasa, kegiatan pun selesai. Kegiatan ditutup dengan membaca do’a bersama dilanjutkan dengan foto bersama serta langsung berpamitan satu sama lain dan pulang ke rumah masing-masing.

Salam Ranc🔺gé
Ditulis oleh: Devi Juniar Rahayu dan Nurul Khotimah